Apa Saja Manfaat Tinju jika Dilakukan Secara Rutin?

Apa Saja Manfaat Tinju jika Dilakukan Secara Rutin?

Tinju adalah salah satu jenis olahraga bela diri yang sudah dipraktikkan sejak lama, bahkan sebelum adanya Olimpiade pertama. Tinju tak hanya bisa digunakan untuk bela diri, namun ini juga menjadi latihan fisik yang baik guna meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh Anda.

Jika Anda menjadikan tinju sebagai salah satu latihan fisik untuk kebugaran tubuh Anda, maka ada beberapa manfaat tinju yang bisa Anda rasakan.

Anda bisa memanfaatkan alat tinju seperti punching bag agar latihan tinju Anda tetap optimal. Selain bisa untuk melatih kemampuan tinju, latihan dengan punching bag juga bisa menghindari Anda dari cedera akibat terkena pukulan.

Umumnya, latihan tinju meliputi banyak gerakan tubuh, gerak tangan, dan gerak kaki intens untuk menghindari pukulan atau memberikan serangan pada lawan. Untuk bisa menjatuhkan lawan dan mendapat poin, Anda harus melepas serangkaian pukulan yang kuat. Latihan dengan punching bag bisa membantu meningkatkan kekuatan pukulan Anda dan juga koordinasi tubuh.

Ada beberapa manfaat tinju yang akan SVRG bahas agar Anda lebih tertarik lagi mencoba latihan fisik ini. Berikut ulasan lebih lengkapnya:

Meningkatkan kesehatan jantung

Seorang petinju harus memiliki kemampuan untuk melakukan latihan fisik intensitas tinggi secara berkala, terlebih ketika jadwal latihan tinju sudah dekat. Tinju merupakan salah satu bentuk High Intensity Interval Training (HIIT), yang dapat mendorong tubuh untuk melakukan sesi latihan intens secara berulang.

Rutin melakukan HIIT telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Itu artinya, jika Anda rutin melakukan latihan tinju, baik dengan lawan atau dengan punching bag, ini dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan jantung Anda.

Selain untuk kesehatan jantung, manfaat tinju lainnya yang bisa Anda rasakan adalah olahraga ini juga dapat meningkatkan kebugaran fisik Anda.

Membantu penurunan berat badan

Salah satu manfaat tinju yang bisa Anda rasakan adalah penurunan berat badan. Latihan tinju intensitas tinggi telah terbukti dapat menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan komposisi tubuh secara keseluruhan, dibandingkan aktivitas lainnya seperti jalan cepat.

Jumlah kalori yang dibakar tentunya bervariasi pada setiap orang, tergantung tingkat intensitas, dan faktor-faktor lainnya.

Tak hanya latihan tinju secara konvensional, namun permainan gim tinju atau yang juga dikenal dengan exergaming (exercise gaming) juga dapat secara efektif membakar kalori. Exergaming bisa menjadi bentuk latihan fisik yang seru, dan sangat cocok bagi Anda yang ingin berlatih tinju dengan suasana yang berbeda.

Meningkatkan kekuatan seluruh tubuh

Manfaat tinju lainnya adalah, latihan fisik ini mampu meningkatkan kekuatan dari seluruh tubuh. Melepaskan pukulan tidak hanya melibatkan gerakan tangan, namun gerakan dari seluruh tubuh.

Pukulan tinju yang baik melibatkan bagian tungkai bawah yang dengan kuat mendorong lantai dan juga koordinasi dari seluruh bagian tubuh untuk menyalurkan tenaga melalui pukulan. Oleh karena itu, bagian tungkai bawah dan otot inti juga merupakan bagian penting dari gerakan meninju.

Jika Anda ingin memperkuat bagian inti tubuh Anda, maka latihan tinju bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat.

Meningkatkan keseimbangan

Latihan tinju adalah aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan. Dalam tinju, Anda harus melatih koordinasi gerak kaki, gerak reaktif, dan gerakan tubuh lainnya yang melibatkan otot seluruh bagian tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa salah satu manfaat tinju adalah meningkatkan keseimbangan tubuh pada orang-orang yang tengah berada dalam masa pemulihan pasca-stroke.

Tak hanya itu, latihan tinju juga telah digunakan sebagai metode untuk mengobati penyakit Parkinson, yakni penyakit saraf yang melemahkan dan memengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan yang rumit. Seiring penyakit Parkinson berkembang, maka risiko seseorang untuk jatuh juga akan semakin meningkat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central melihat adanya efektivitas dari terapi tinju untuk mengurangi kemungkinan terjatuh pada orang-orang yang mengalami penyakit Parkison.

Mengurangi stres

Manfaat latihan tinju tak hanya dapat dirasakan pada kesehatan fisik Anda, namun juga untuk kesehatan mental Anda.

Bagi beberapa orang, melepaskan pukulan saat stres sedang menumpuk mungkin akan terasa melegakan. Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan sambil melakukan latihan tinju.

Latihan tinju dapat bervariasi intensitasnya sepanjang latihan dilakukan, meski secara umum tinju masuk dalam kelompok latihan HIIT, namun beberapa latihan tinju bisa dilakukan dengan intensitas yang lebih moderat. Variasi intensitas latihan dapat membantu menghilangkan stres.

Sebuah penelitian di tahun 2021 juga melihat adanya dampak dari variasi HIIT dan latihan dengan intensitas moderat pada stres, depresi, dan kecemasan pada orang dewasa.

Untuk itu, jika Anda tengah mengalami masalah-masalah kesehatan mental ini, tak ada salahnya mencoba latihan tinju demi meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat latihan tinju dan HIIT secara umum dapat membantu menurunkan, baik tekanan darah sistolik maupun diastolik seseorang. Latihan-latihan fisik ini juga dapat membantu mengurangi stres atau tekanan pada pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi merupakan awal dari banyak penyakit, seperti stroke atau serangan jantung. Jika seseorang dengan tekanan darah tinggi tidak mendapat perawatan yang tepat, maka penyakit ini bisa sangat membahayakan dan bahkan berujung fatal.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, selain mendapat pengobatan medis dari dokter, menambah aktivitas dengan latihan tinju atau HIIT bisa membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat stres Anda.

Bagaimana Svargans, sudah mulai tertarik untuk memulai latihan tinju Anda? Jika Anda bingung apa saja peralatan tinju yang Anda butuhkan untuk memulai latihan ini, maka SVRG juga akan merekomendasikan beberapa alat tinju terbaik untuk Anda:

Punching Bag

Bagi seorang petinju atau Anda yang ingin latihan tinju, samsak atau dikenal juga dengan nama punching bag adalah alat tinju yang sangat penting untuk memulai latihan Anda. Punching bag memiliki fungsi sebagai target latihan untuk membantu Anda mengembangkan atau menyempurnakan teknik meninju, memukul, atau menendang.

Ada beberapa jenis punching bag dengan fungsi yang berbeda-beda, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Punching bag dengan berat sedang mungkin efektif untuk meningkatkan teknik tinju Anda secara keseluruhan. Namun punching bag jenis ini mungkin tidak sesuai untuk atlet tinju yang ingin meningkatkan kecepatan, refleks, dan reaksi terhadap pukulan. 

Sementara itu, speed punch bag bisa Anda manfaatkan untuk melatih kecepatan pukulan Anda, namun samsak jenis ini tidak cocok untuk meningkatkan performa tendangan Anda.

Anda bisa membeli punching bag yang sesuai dengan kebutuhan Anda di SVRG. Pasang atau letakkan punching bag ini di halaman belakang rumah Anda, sehingga Anda bisa berlatih setiap hari.

Boxing speed trainer

Boxing speed trainer adalah alat latihan tinju yang dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan dan kelincahan dalam berbagai teknik tinju yang Anda kuasai.

Boxing speed trainer terdiri dari beberapa bagian, di antaranya Punching Ball dari bahan PVC yang kuat dan dirancang untuk meniru gerakan lawan tinju. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin melatih teknik pukulan dan mengasah refleks.

Boxing gloves

Sarung tangan tinju atau boxing gloves adalah salah satu alat tinju yang juga penting untuk dimiliki. Boxing gloves adalah sarung tangan empuk yang dikenakan oleh petinju di tangan mereka baik selama sesi latihan tinju atau selama pertandingan.

Boxing gloves dirancang untuk melindungi tangan dan kepala lawan selama pertandingan tinju dilakukan. Selain itu, boxing gloves juga ditujukan untuk memperlama gaya impuls saat petinju memukul lawannya. 

Impuls adalah gaya yang diperlukan untuk membuat suatu benda bergerak, misalnya ketika Anda akan memukul lawan, ada selang waktu antara mengayunkan tangan hingga tangan mengenai tubuh atau bagian kepala lawan, jeda inilah yang disebut sebagai impuls. Gaya impuls dengan boxing gloves memberikan waktu kontak lebih lama ketimbang saat petinju memukul lawan dengan kepalan tangan kosong.

Nah, itu tadi adalah rekomendasi beberapa alat tinju dari SVRG. Bagaimana, setelah mengetahui manfaat dan alat-alat apa saja yang dibutuhkan, sudahkah Anda tertarik untuk memulai latihan tinju?