Gerakan Shadow Boxing Pemula Yang Bisa Dicoba di Rumah

Gerakan Shadow Boxing Pemula Yang Bisa Dicoba di Rumah

Pernahkah anda mencoba gerakan boxing ini di Rumah Tentu saja kamu sudah tidak asing lagi kan dengan olahraga tinju? Tinju atau boxing merupakan salah satu bentuk dan sikap dari olahraga bela diri. Seperti yang kita ketahui bahwa gerakan yang dominan dalam olahraga ini adalah pukulan. Untuk pukulan sendiri terdiri dari banyak jenis mulai dari straight, jab, hook, dan uppercut. Namun ada juga yang namanya istilah shadow boxing. Pernah mendengarnya? Jika belum dan merasa penasaran, simak informasi lengkap mengenai gerakan shadow boxing di bawah ini ya!

Tentu saja kamu sudah tidak asing lagi kan dengan olahraga tinju? Tinju atau boxing merupakan salah satu bentuk dan sikap dari olahraga bela diri. Seperti yang kita ketahui bahwa gerakan yang dominan dalam olahraga ini adalah pukulan. Untuk pukulan sendiri terdiri dari banyak jenis mulai dari straight, jab, hook, dan uppercut. Namun ada juga yang namanya istilah shadow boxing. Pernah mendengarnya? Jika belum dan merasa penasaran, simak informasi lengkap mengenai gerakan shadow boxing di bawah ini ya!

SHADOW BOXING ADALAH

Sebelum memberikan informasi mengenai gerakan shadow boxing, maka kami akan memberikan lebih dulu apa itu shadow Boxing. Shadow boxing merupakan salah satu jenis latihan tinju yang paling sederhana dan merupakan latihan yang efektif untuk meningkatkan kecepatan pukulan tangan, kelenturan tangan, refleks, dan footwork.

MANFAAT SHADOW BOXING

Shadow boxing sendiri merupakan latihan yang diperuntukkan seluruh tubuh dan sangat baik karena dapat membantu untuk mengencangkan otot, menghilangkan stres, dan meningkatkan permainan tinjumu. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan shadow boxing mulai dari untuk kesehatan fisik dan mental. Karena tadi kita sudah mengetahui apa itu shadow boxing, maka berikut ini beberapa manfaat shadow boxing yang harus kamu ketahui:

Meningkatkan teknik boxing
Shadow boxing merupakan cara terbaik untuk memberikan semua perhatian untuk gerakan tinjumu. Dengan rutin melakukan shadow boxing maka kamu dapat meningkatkan teknik boxing-mu.
Melenturkan pergerakan tubuh

Sesuai dengan namanya yaitu shadow boxing, latihan ini adalah gerakan meninju tanpa adanya target. Gerakan ini dilakukan seolah sedang meninju atau memukul udara. Apabila kamu melakukan shadow boxing secara rutin maka akan membantu untuk melenturkan pergerakan tubuh seperti melenturkan otot tangan, membuat tubuh menjadi lebih ringan dan lentur ketika melakukan aktifitas harian.
Melatih footwork
Ketika melakukan shadow boxing, selain mengkombinasikan tangan kita juga belajar mengenai pergerakan kaki yang harus maju mundur secara teratur. Ini akan membantu untuk melatih footwork karena akan meningkatkan kelincahan dan kelenturan kaki.
Peningkatan memori otot
Mengulangi gerakan tinju secara presisi akan melatih ototmu untuk melakukan gerakan yang sama dari waktu ke waktu. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan konsistensi dan meningkatkan akurasi.
Peningkatkan keseimbangan tubuh
Manfaat shadow boxing selanjutnya adalah membantu untuk meningkatkan keseimbangan tubuhmu, mengingat keseimbangan tubuh ini sangat penting untuk tinju. Shadow boxing akan membantumu untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik dimana pusat keseimbanganmu berada saat sedang mengeksekusi pukulan.
Membantu mengurangi stres
Manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan shadow boxing adalah dapat membantumu untuk mengurangi stres. Apabila kamu merasa jenuh dengan pekerjaan atau aktifitas harian, maka sangat baik untuk melakukan shadow boxing. Kamu bisa menggunakan latihan ini untuk menghilangkan rasa marah, frustasi, atau untuk menjernihkan pikiranmu.
Salah satu workout yang bagus untuk tubuh
Rutin melakukan workout, dan ingin mencoba variasi latihan lainnya? Kamu mungkin bisa mencoba shadow boxing. Dengan melakukan shadow boxing maka dapat membantu meningkatkan detak jantungmu. Dikatakan sebagai salah satu workout yang baik karena dapat membantu membakar lemak dan juga mengencangkan otot.
Mengurangi berat badan
Bisakah shadow boxing menurunkan berat badan? Jawabannya adalah bisa, bahkan latihan ini menjadi cara yang terbaik dan termudah. Jika kamu menginginkan mendapatkan hasil yang maksimal untuk menurunkan berat badan menggunakan shadow boxing maka harus meningkatkan kecepatan dalam melakukan shadow boxing.

GERAKAN SHADOW BOXING UNTUK PEMULA

Gerakan-Shadow-Boxing-Untuk-Pemula

Gerakan shadow boxing pemula

 

Jika ingin mendalami latihan boxing, maka tentu kamu harus juga belajar mengenai teknik dari shadow boxing. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi bahwa ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan rutin melakukan gerakan shadow boxing. Apabila kamu ingin mencoba shadow boxing, maka berikut ini adalah gerakan atau cara melakukan shadow boxing untuk pemula yang bisa dicoba:

Perhatikan posisi kaki
Yang pertama-tama harus kamu siapkan untuk melakukan shadow boxing adalah memperhatikan posisi kakimu. Supaya mendapatkan posisi kaki yang seimbang dan ideal maka letakkan salah satu kaki di depan.
Pasang kuda-kuda

Setelah itu tekuklah sedikit lutut dan bersiaplah untuk memasang kuda-kuda.
Perhatikan posisi lebar jarak kaki
Jangan lupa juga untuk memperhatikan lebar jarak kaki, buatlah setara dengan lebar bahumu.
Perhatikan posisi tangan dengan benar
Langkah yang keempat adalah tekuk siku hingga 35 sampai 45 derajat di depan dada sebelum memukul. Kemudian posisi tangan mengepal dan pastikan untuk menghadap di langit di depan wajah.
Perhatikan arah dagu
Perhatikan posisi atau arah dagu, dagu sedikit ke bawah dan tatapan mata ke depan.
Lakukan beberapa jenis pukulan
Yang terakhir lakukan beberapa jenis pukulan boxing seperti uppercut, jab, straight, dan hook secara bergantian dan terus-menerus.

TIPS MELAKUKAN SHADOW BOXING UNTUK PEMULA

Jika dilakukan dengan benar, maka banyak sekali benefit yang bisa kita rasakan dari shadow boxing. Namun sebelum mempersiapkan untuk mencoba gerakan shadow boxing ini ada beberapa tips yang harus kamu siapkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin mencoba shadow boxing sendiri di rumah:

Mencari tempat latihan dengan space yang cukup
Untuk kamu yang ingin mencoba shadow boxing di rumah, maka kami menyarankan supaya mencari tempat latihan dengan space yang cukup lebar. Hal ini perlu kamu perhatikan supaya nantinya tidak kesulitan melakukan gerakan-gerakan tangan dan melatih footwork. Pastikan bahwa tidak ada barang-barang atau penghalang di sekitar tempatmu berlatih boxing ini.
Melakukan shadow boxing secara rutin

Ketika melakukan olahraga boxing terutama mencoba shadow boxing, maka kamu harus melakukannya secara intens atau rutin. Kamu bisa menetapkan berapa menit akan melakukan gerakan shadow boxing ini. Sebagai contoh, misalnya ingin melakukan latihan ini full selama 5 menit x 2 set. Maka kamu harus berlatih secara full juga selama 5 menit dan jangan sampai memberikan banyak jeda di waktu yang sudah kamu set sendiri di awal.
Menggunakan peralatan tambahan
Tips terakhir yang bisa kamu coba ketika ingin melakukan shadow boxing adalah menggunakan peralatan tambahan. Kamu bisa mencoba menggunakan agility training tubes atau tali khusus latihan tinju. Dengan menggunakan agility training tubes ini bisa menjadi salah satu variasi latihan dari shadow boxing, jika kamu bosan atau jenuh melakukan gerakan yang biasa.

Sekarang sudah tahu kan apa itu gerakan shadow boxing? Salah satu jenis dari latihan fisik ini ternyata memberikan banyak manfaat positif baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental. Terutama untuk yang ingin menurunkan berat badan dan ingin melatih kecepatan gerakan tangan dan kaki, maka disarankan untuk rutin berlatih shadow boxing. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semuanya yang tertarik dengan olahraga boxing ya!